Saturday, January 22, 2011

Kelebihan Visual Basic 6.0

,
Mungkin bagi pakar pemrograman khususnya pemrograman visual basic, visual basic 6.0 sepertinya udah ketinggalan zaman! apalagi sekarang udah banyak yang lari ke upgrading Version-nya yang konon udah mencapai versi yang ke 2010. Wah, gimana nih. Aku sendiri, masih pake visual basic 6.0. Tapi pas aku browsing, pengguna (baca:programmer) yang pake vb6 alias visual basic 6 masih menumpuk. Bahkan diantara mereka berkomentar : "Enakkan pake visual basic 6, mudah, cepat, bisa di kembangkan dan luas resource-nya baik melalui media pustaka, tabloid hingga internet". Sebagai contoh aja, vb-bego.net. Konsentrasi aspek-aspek pembahasannya masih banyak (bahkan didominasi oleh) visual basic 6.0. Nah lho?

Dengan kata lain, Visual basic 6.0. masih menjadi bahasa pemrograman favorit dikalangan pemula hingga pakar. Berbeda dengan temen sekelasnya seperti visual foxfro yang notabene berkisar dan berkutat di perancangan sistem informasi database, visual basic bisa lompat sana-sini didalam menghubungkan form/project utamanya dengan database.

Ada beberapa dan hampir semua sistem database kompatibel ama vb6 seperti:
  • Microsoft Access
  • SQL server 7
  • MySQL
  • Oracle
  • ODBC
  • Paradox
  • Excel
Ini yang sebut dengan : Super-duper language programming. Sistem koneksi yang mudah ditambah dengan kode koneksi yang sederhana, kevaliditasan dan keakuratan sistem koneksi dapat dipertanggungjawabkan.
Oya, satu hal yang terpenting adalah: Dengan vb6, kita bisa membuat dan mengembangkan ActiveX Component atau komponen OCX dengan gaya dan tujuan sekehendak kita. Hampir seluruh software yang terinstal di windows dan memiliki OCX apalagi DLL bisa diakses dan di-'mainin' ama vb6. Hebat,kan?

Disini dapat dikatakan bahwa vb6 bekerja tanpa batas. Ini juga yang sering saya (pribadi) sebut dengan : Unlimited Access (Akses tanpa batas). Memang, programmer/developer memiliki cita rasa dan ke-sreg-an tersendiri dan itu juga menyangkut faktor suka gak suka yang membuat satu programmer memilih vb6 dan yang lain Delphi atawa lainnya. Namun dilihat dari kompatibilitasnya, Vb6 support banget ama versi-versi OS milik microsoft hingga Windows 7. Dengan menginstal Visual Basic 6.0 Service Pack 6, Pengen download gratis? klik disini aja. Dengan vb6 sp6 semua menjadi bisa!

Bagi programmer-programer pemula, saya sarankan untuk berkunjung ke situs berikut ini yang memiliki kandungan source code visual basic 6 yang aduhai dan berlimpah! :

16.dan, masih banyak lainnya.

Berhubung aku udah nge-bahas dikit tentang kelebihan visual basic 6.0 ini, sekalian juga aku mau upload alias posting artikel-artikel yang penting untuk pemula (beginner) didalam belajar pemrogramman dengan visual basic 6.0. Nantikan update postingku berikutnya dengan menu Visual Basic 6.0


0 comments to “Kelebihan Visual Basic 6.0”

Post a Comment

Warning : Vulgar, pornographic or x-ethnical comments will be removed!